SMK Negeri 1 Bagor merupakan sekolah menengah kejuruan yang pada awalnya diproyeksikan sebagai sekolah kejuruan berbasis Teknologi dan Pariwisata. Proyeksi ini sesuai dengan latar belakang geografis pegunungan di kabupaten Nganjuk bagian utara, yaitu kecamatan Bagor dan sekitarnya.

Oleh karena itu, berdirinya SMK Negeri 1 Bagor merupakan sebuah jawaban untuk mengembangkan keunggulan lokal. Dalam perjalanannya SMK Negeri 1 Bagor terus berusaha meningkatkan kualitasnya baik secara fisik maupun non fisik, untuk menghasilkan output yang mampu meningkatkan nilai jual Produksi dan Industri Pariwisata. Di antaranya ada enam kompetensi keahlian yang terus ditingkatkan kualitasnya, yaitu :

Melalui program Revitalisasi SMK Negeri 1 Bagor, diharapkan kedepan mampu mendorong Ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Nganjuk dengan Produk-produk Kreatif hasil karya siswa maupun kolaborasi dengan Masyarakat Nganjuk. Selain itu SMK Negeri 1 Bagor lewat program Revitalisasi SMK mampu membangun Gudung atau Sarana Display yang kedepan mampu memunculkan potensi-potensi kreatif dari putra daerah guna meningkatkan Ekonomi Kreatif sekaligus mengurangi angka Pengangguran SMK di kabupaten Nganjuk.

Adapun Program-program yang tengah dirintis SMK Negeri 1 Bagor untuk meraih mimpi menjadi Pilot Project Revitalisasi SMK Nasional dimana potensi SMK kedepan diharapkan mampu menjadi Industri Kreatif untuk mendorong Ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Nganjuk, antara lain :

  1. Membangun infrastruktur jaringan akses internet berbasis fiber optik
  2. Merintis program desa digital
  3. Merintis program smartschool
  4. Merintis program smartcity
  5. Merintis program ekonomi kreatif
  6. Membantu penyelarasan lulusan smk
  7. Merintis program sertifikasi profesi lsp p1
  8. Merintis program doubletrack certification
  9. Sebagai unit pelayanan produk dan jasa
  10. Sebagai unit pelatihan dan sertifikasi
  11. Merintis sekolah technopark
  12. Merintis program sekolah sehat berbudaya industri