Hindari “OVERTHINKING” ya sobat nesaba….

             (Source: Pinterest)

Hey sobat nesaba, dalam era modernisasi saat ini, mudah sekali bagi kita untuk berbagi informasi dan berkomunikasi, bahkah jarak bukan lagi halangan untuk orang orang yang ingin berinteraksi antar sesama.

Nah, namun dengan semua kemudahan yang ditawarkan, banyak pula bermunculan masalah masalah yang perlu kita garis bawahi, terutama bagi kaum millenial yang sudah mengenal HP dan internet yang serba mudah ini. Banyak ditemukan bahwa anak SMK hingga bahkan TK telah mempunyai smartphone sendiri, dampaknya mereka yang kurang pengawasan akan “Salah mempergunakannya”.

Masalah atau problematika kemudahan internet salah satunya adalah ” Overthinking “
Sebab overthinking kerap kali mudah di jumpai atau terjadi ketika seseorang memikirkan sesuatu hal sepele namun secara berlebih, terlepas itu penting atau tidaknya.

– Jadi Apa sih itu overthinking?

Overthinking adalah salah satu gangguan mental yang kerap kali di rasakan oleh seseorang jika orang tersebut menanggapi sebuah argumen atau persoalan secara berlebihan, bahkan hingga membuat cemas dan tidak bisa tidur.

Dampak lain dari overthinking lainnya cukup banyak, yaitu terjadinya minim kepercayaan diri, rasa cemas, gangguan suasana hati bagi penderitanya.

– Apa sih penyebab overthinking sebenarnya?

Penyebabnya yaitu kemudahan sesorang dalam menerima informasi, tanpa menyaring atau mengetahui apa magsut dari informasi tersebut, hingga membuat seseorang penderitanya menjadi pemikir yang berlebihan.

– Lalu apa yang harus kita lakukan saat overthinking?
• Kita bisa menyikapinya dengan sikap tenang.
• Menyaring informasi yang diterima dengan kritikal thinking
• Tarik nafas dalam agar seluruh bagian otak tenang
• Senantiasa berfikiran positif
• Bercerita atau menceritakan masalah kamu dengan orang yang kamu percaya.

Perlu kita sadari bahwa overthinking bisa terjadi kepada siapapun, namun masalahnya terletak pada seberapa besar emosi kita dalam menanggapinya, terima saja jika overthinking memang sedang kamu alami, kamu hanya perlu belajar menyadari jika kamu sedang overthinking.

Sebenarnya masih banyak cara menghadapi overthinking. Namun yang perlu kita garis bawahi adalah setiap orang memiliki titik lemah, dan alangkah lebih baik jika kita bisa me manage emosi dan pikiran yang negatif dalam diri kita.

Biasakan dirimu untuk berfikir positif, kenali kelemahan dan kelebihan dalam dirimu hingga saat overthinking datang kamu bisa menghadapi nya dengan lebih tenang ya sobat Nesaba.(Aa Mazjid)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.