Jadikan SMKN 1 Bagor menjadi gudangnya para tenaga kerja…

Sekolah kejuruan atau dikenal juga dengan singkatan SMK adalah sekolah yang banyak mengajarkan praktek daripada teori.Karena di sekolah menengah atas dibagi  dalam dua jurusan yang paling umum yaitu IPA dan IPS. Beda lagi dengan SMK, yang terdiri dari banyak jurusan dimana siswa bisa memilih jurusan tersebut sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Seperti halnya di SMKN 1 BAGOR yang terdiri dari Teknik Audio Video (TAV), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia, Tata Busana, Tata Boga dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

Dari banyaknya jurusan yang ada di SMK, dan hampir semua jurusan sangat diperlukan di dunia industri. Bahkan hampir semua siswa yang sekolah di sekolah kejuruan atau SMK banyak memilih langsung bekerja, karena banyak faktor yang mendorongnya ketika lulus sekolah langsung terjun ke duniakerja.

Tapi yang dipertanyakan adalah apakah lapangan kerja masih banyak yang tersedia untuk siswa SMK yang sesuai dengan jurusannya? Nah, Itu masih jadi berbincangan banyak orang, terkadang para siswa SMK belum tentu bisa bekerja sesuai dengan jurusannya. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mengakibatkan siswa yang sudah lulus dari SMK masih bingung untuk menentukan pilihan dimana dia nanti bekerja.  Ini adalah masalah utama yang harus segera diatasi oleh pemerintah dan SMK terkait untuk menciptakan lulusan yang produktif dan kompeten, sehingga nantinya siap terjun dalam dunia usaha dan industri sesuai dengan bidangnya. Selain itu sekolah  juga harus mempunyai banyak jaringan kerjasama (Mou) dengan perusahaan (Dunia Industri dan Dunia Kerja) yang nantinya bisa menjadi lapangan pekerjaan siswa SMK. Penulis berharap kedepannya SMK menjadi gudangnya para tenaga kerja yang sangat dibutuhkan para pengusaha dan perusahaan. (Andrean_Blitz Crew)

#Mitrasdudi #Vokasi #VokasiKuat #MenguatkanIndonesia #SMKBisa #SMKHebat #MitraVokasi #SMKcakapdigital#SMKCakapDigital2021#SMKN1Bagor

Leave a Comment

Your email address will not be published.