Ds. Gandu, Bagor
Nganjuk - Jawa Timur

Jurnalis

PROFIL EKSTRA JURNALISTIK

1. LATAR BELAKANG

Jurnalistik merupakan ilmu yang akrab dengan masyarakat sehari-hari. Ia ada di televisi, majalah, koran, radio dan internet. Jurnalistik dengan kelenturannya juga bisa masuk di berbagai disiplin ilmu. Ia tidak hanya mengasah keterampilan menulis bagi orang yang mempelajari jurnalistik namun lebih jauh mengajak orang untuk berfikir lebih dalam, bagi orang yang mempelajarinya.

2. Mengapa Ekstrakurikuler Jurnalistik?

Ekstrakulikuler Jurnalistik, dimaksudkan untuk membangun kelompok-kelompok jurnalistik di tingkat siswa. Hal ini merupakan upaya pensiasatan untuk kalangan siswa mengisi waktu senggangnya selepas kegiatan pendidikan wajib di sekolah. Upaya ini, juga berjalan beriringan dengan program pendidikan nasional, kurikulum berbasis kompetensi. Kompetensi yang ditawarkan dalam program ini adalah menulis. Ragam penulisan yang sedemikian banyak bisa menjadi pilihan para siswa untuk mengekspresikan dirinya. Membuat cerita pendek, puisi, tulisan berita dan novel. Di luar ekspresi-ekspresi yang telah menjadi paradigma para siswa “nongkrong di swalayan, nonton di bioskop, main playstation, bahkan tawuran”.

Biasanya, sekolah-sekolah memiliki media majalah dinding atau majalah sekolah. Yang dikelola bersama guru dan siswa. Hal ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Namun, kegiatan jurnalistik tidak berhenti begitu saja seusai majalah dinding dikreasi atau majalah/ tabloid sekolah diterbitkan. Ada banyak pendalaman yang bisa dilakukan untuk lebih mengasah bakat dan kemampuan jurnalistik/ menulis seseorang.

Disini kami hadir untuk menjadi solusi bagi sekolah yang ingin membuat media cetak sebagai alat publikasi jurnalistik. Kami akan hadirkan sesuatu yang inovatif dan kreatif sehingga majalah/ tabloid sekolah yang dihasilkan dapat menjadi sebuah majalah yang menarik hati dan membuat orang nyaman ketika membacanya.

3. Dasar-dasar Jurnalistik

Pesatnya kemajuan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan. Media cetak maupun elektronik pun saling bersaing kecepatan sehingga tidak ayal bila si pemburu berita dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi. Penguasaan dasar-dasar pengetahuan jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala kita terjun di dunia ini. Keberadaan media tidak lagi sebatas penyampai informasi yang aktual kepada masyarakat, tapi media juga mempunyai tanggung jawab yang berat dalam menampilkan fakta-fakta untuk selalu bertindak objektif dalam setiap pemberitaannya.

4. Deskribsi Jurnalistik

Menurut Kris Budiman, jurnalistik (journalistiek, Belanda) bisa dibatasi secara singkat sebagai kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya, jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak. Dewasa ini pengertian tersebut tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, dsb., namun meluas menjadi media elektronik seperti radio atau televisi. Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak (printjournalism), elektronik (electronicjournalism). Akhir-akhir ini juga telah berkembang jurnalistik secara tersambung (onlinejournalism).

Atas dasar tersebut, sudah selayaknya sebuah sekolah dalam hal ini SMK Negeri 1 Bagor mempunyai suatu kegiatan yang mendidik siswa-siswinya untuk bisa menulis khusunya menulis jurnalistik. Oleh karena itu kami mengusulkan eksrakulikuler jurnalistik sebagai ekstrakulikuler baru di SMK Negeri 1 Bagor.

5. TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya ekstrakurikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut.

1. Mempererat hubungan antara siswa-siswi SMK Negeri 1 bagor

2. Memberi kesempatan untuk saling mengenal antara siswa.

3. Sebagai media informasi dan promosi profil dan prestasi sekolah.

4. Menampung kreatifitas masing-masing kelas yang ditampung dalam sebuah media cetak yaitu majalah/ tabloid sekolah.

5. Menjadi wadah bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Bagor untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya maupun kreatifitasnya di bidang seni menulis maupun fotografi.

6. Menciptakan budaya kreatif, kritis dan inovatif di tingkat siswa.

7. Menjadi sarana bagi para siswa SMK tarbiyatul Islam Kawunganten untuk berlatih berorganisasi, bekerja sama dan bertanggung jawab.

8. Sebagai media Independen yang mengkrtisi kebijakan sekolah melalui tulisan-tulisan/ opini.

9. Memberikan informasi pada orangtua siswa mengenai kondisi terkini tentang sekolah.

 

6. VISI DAN MISI EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK

Visi :

1. Meningkatkan pengetahuan jurnalistik yang berdasarkan iman dan takwa

2. Membentuk karakter seorang jurnalis profesional

3. Mewujudkan ekstrakurikuler yang dapat menambah wawasan baru di bidang jurnalistik yang meliputi kegiatan liputan, reportase, fotografi, desain layout dan lainnya.

Misi:

1. Mencetak jurnalis sekolah yang kompeten dan berprestasi di bidang khusus

2. Menjadikan ekskul jurnalistik sebagai wadah penyebaran ilmu pengetahuan sekaligus jalan dakwah kebenaran sesuai dengan kode etik jurnalistik

3. Menyiapkan kemampuan jurnalistik siswa sebagai bekal hidup di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Translate »